BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan di
bidang pendidikan sebagai salah satu bagian dari program pembangunan nasional
perlu diwujudkan, guna meningkatkan dan memajukan sektor pendidikan. Kualitas
pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, para pendidik, dan
pemerintah. Oleh karena itu, upaya perbaikan dan penyempurnaan di bidang
pendidikan dalam hal proses pembelajaran harus selalu dilakukan. Sebagai
langkah antisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses, penggunaan,
dan pemilihan sumber belajar secara tepat. Semuanya dimaksudkan untuk
pencapaian hasil belajar semaksimal mungkin.
Hakikat dari proses pembelajaran adalah proses komunikasi yaitu
penyampaian informasi dari sumber informasi melalui media tertentu kepada
penerima informasi. Berdasarkan hal tersebut, salah satu faktor kegagalan
pembelajaran adalah adanya berbagai jenis hambatan dalan proses komunikasi
tersebut. Hambatan itu, baik yang berasal dari guru maupun siswa yang membuat
komunikasi belajar mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien.
Seiring dengan
kebutuhan akan metode dan konsep pembelajaran yang lebih efektif dan efisien,
pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan sudah menjadi suatu
kebutuhan. Salah satu produk teknologi informasi yang dapat dijadikan sumber
belajar baru dalam pendidikan adalah internet.
Internet secara teoritis memberikan peran dan fungsi yang
besar bagi dunia pendidikan. Pendidikan yang selama ini dibebankan pada
kekurangan dan kelemahan, seperti keterbatasan ruang dan waktu, mampu dibantu
internet dengan informasi terbaru (up to
date), informasi yang dapat diulang-ulang sesuai keperluan, dengan jangkauan yang melewati
batas-batas negara. Disamping itu internet juga memenuhi
persyaratan-persyaratan sebagai sumber belajar karena adanya kemampuan internet
dalam menampilkan video, suara, teks, dan gambar (Nugroho, 2010).
Berdasarkan hasil penelitian Rustikawaty
(2008) terungkap, bahwa terdapat pengaruh yang berarti pemanfaatan internet
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 4 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009. Temuan
Rustikawaty ini dapat menjadi suatu dorongan bagi guru biologi untuk memberikan
penugasan-penugasan kepada siswa guna memanfaatkan internet sebagai salah satu
sumber belajar biologi. Namun sejauh ini penulis belum menemukan hasil
penelitian mahasiswa biologi UNP yang mengungkapkan tentang pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar biologi, baik karena adanya tugas dari guru
ataupun inisiatif mereka sendiri.
Pada observasi yang penulis lakukan di
beberapa warung internet (Warnet) yang tersebar di kota Padang, dari tanggal 23
sampai dengan 28 Februari 2009 ditemukan bahwa mayoritas pengguna internet
adalah siswa SMP, SMA dan mahasiswa perguruan tinggi. Berdasarkan wawancara penulis dengan beberapa siswa SMA yang berada di warung internet,
terungkap bahwa pemanfaatan internet di kalangan siswa SMA cukup bervariasi.
Mereka menggunakan internet untuk game
online, komunikasi lewat email
atau chatting atau lewat blog pribadi melalui fasilitas blogspot, multiply, friendster dan facebook. Diantara siswa menyatakan
bahwa mereka memanfaatkan internet untuk mencari tugas-tugas yang diberikan
guru di sekolah, serta untuk menambah pengetahuan mereka.
Berkenaan dengan ini, terlihat bahwa siswa
telah memiliki kemampuan untuk mengakses
internet. Kemampuan siswa dalam mengakses
internet tersebut didukung oleh adanya pembelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) dan tersedia fasilitas internet di sekolah. Dari 16 SMA Negeri
di Kota Padang, 11 sekolah telah menyediakan fasilitas internet untuk
siswa. SMA Negeri yang telah menyediakan
fasilitas internet untuk siswa adalah SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 9, SMAN 10,
SMAN 12, dan SMAN 15.
Berdasarkan
uraian tersebut di atas, didukung dengan adanya kemampuan siswa mengakses internet, telah tersedianya
fasilitas internet, dan adanya pembelajaran TIK di sekolah maka penulis melakukan
penelitian untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi
siswa SMA Negeri se-Kota Padang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar