Minggu, 20 Mei 2012

pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (latar belakang)


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu bagian dari program pembangunan nasional perlu diwujudkan, guna meningkatkan dan memajukan sektor pendidikan. Kualitas pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, para pendidik, dan pemerintah. Oleh karena itu, upaya perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan dalam hal proses pembelajaran harus selalu dilakukan. Sebagai langkah antisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses, penggunaan, dan pemilihan sumber belajar secara tepat. Semuanya dimaksudkan untuk pencapaian hasil belajar semaksimal mungkin.
Hakikat dari proses pembelajaran adalah proses komunikasi yaitu penyampaian informasi dari sumber informasi melalui media tertentu kepada penerima informasi. Berdasarkan hal tersebut, salah satu faktor kegagalan pembelajaran adalah adanya berbagai jenis hambatan dalan proses komunikasi tersebut. Hambatan itu, baik yang berasal dari guru maupun siswa yang membuat komunikasi belajar mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien.
Seiring dengan kebutuhan akan metode dan konsep pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan. Salah satu produk teknologi informasi yang dapat dijadikan sumber belajar baru dalam pendidikan adalah internet.
Internet secara  teoritis memberikan peran dan fungsi yang besar bagi dunia pendidikan. Pendidikan yang selama ini dibebankan pada kekurangan dan kelemahan, seperti keterbatasan ruang dan waktu, mampu dibantu internet dengan informasi terbaru (up to date), informasi yang dapat diulang-ulang sesuai keperluan, dengan jangkauan yang melewati batas-batas negara. Disamping itu internet juga memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai sumber belajar karena adanya kemampuan internet dalam menampilkan video, suara, teks, dan gambar (Nugroho, 2010).
Berdasarkan hasil penelitian Rustikawaty (2008) terungkap, bahwa terdapat pengaruh yang berarti pemanfaatan internet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 4 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009. Temuan Rustikawaty ini dapat menjadi suatu dorongan bagi guru biologi untuk memberikan penugasan-penugasan kepada siswa guna memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar biologi. Namun sejauh ini penulis belum menemukan hasil penelitian mahasiswa biologi UNP yang mengungkapkan tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi, baik karena adanya tugas dari guru ataupun inisiatif mereka sendiri.
Pada observasi yang penulis lakukan di beberapa warung internet (Warnet) yang tersebar di kota Padang, dari tanggal 23 sampai dengan 28 Februari 2009 ditemukan bahwa mayoritas pengguna internet adalah siswa SMP, SMA dan mahasiswa perguruan tinggi. Berdasarkan  wawancara penulis dengan beberapa  siswa SMA yang berada di warung internet, terungkap bahwa pemanfaatan internet di kalangan siswa SMA cukup bervariasi. Mereka menggunakan internet untuk game online, komunikasi lewat email atau chatting atau lewat blog pribadi melalui fasilitas blogspot, multiply, friendster dan facebook. Diantara siswa menyatakan bahwa mereka memanfaatkan internet untuk mencari tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah, serta untuk menambah pengetahuan mereka.
Berkenaan dengan ini, terlihat bahwa siswa telah memiliki kemampuan untuk mengakses internet. Kemampuan siswa dalam mengakses internet tersebut didukung oleh adanya pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan tersedia fasilitas internet di sekolah. Dari 16 SMA Negeri di Kota Padang, 11 sekolah telah menyediakan fasilitas internet untuk siswa.  SMA Negeri yang telah menyediakan fasilitas internet untuk siswa adalah SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 9, SMAN 10, SMAN 12, dan SMAN 15.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, didukung dengan adanya kemampuan siswa mengakses internet, telah tersedianya fasilitas internet, dan adanya pembelajaran TIK di sekolah maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi siswa SMA Negeri se-Kota Padang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar