ABSTRAK
Seiring dengan kebutuhan akan metode dan konsep
pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, pemanfaatan teknologi informasi
dalam bidang pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan. Salah satu produk
teknologi informasi yang dapat dijadikan sumber belajar baru dalam pembelajaran,
termasuk bagi siswa SMA adalah internet. Internet
merupakan sumber informasi yang sangat kaya dengan berbagai macam materi,
termasuk materi pembelajaran. internet juga memenuhi
persyaratan-persyaratan sebagai sumber belajar karena adanya kemampuan internet
dalam menampilkan video, suara, teks,
dan gambar Oleh karena itu telah dilakukan
penelitian untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi
siswa di SMA Negeri se-Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan
populasi siswa kelas XI IPA di SMAN se-Kota Padang. Sampel diambil dari 6 SMA
Negeri di Kota Padang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket terhadap 198
siswa kelas XI SMA Negeri se-Kota Padang. Data yang diperoleh dari penyebaran
angket kemudian dikalkulasikan untuk memperoleh persentase untuk tiap indikator
penelitian.
Dari hasil
pengolahan data penelitian, tentang pemanfaatan internet sebagai salah satu
alternatif sumber belajar biologi bagi
siswa diperoleh persentase keefektifan internet sebagai sumber belajar. Persentase siswa yang memperoleh
materi biologi dari internet yang sesuai dengan kurikulum sebesar 68.9%. Dalam
hal biaya, persentase siswa yang mampu membiayai pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar berada pada tingkat 65.4%. Persentase siswa yang memiliki
ketersediaan jaringan internet yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar
biologi adalah sebesar 63.3%. Persentase
siswa yang mampu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
biologi 69.3%. Persentase
siswa yang memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar biologi 67.9%. Persentase siswa yang menyatakan bahwa guru berperan
dalam mendorong siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
biologi adalah 70.3%. Rata-rata persentase jawaban responden ini termasuk dalam
kategori efektif (61%-80%). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet
efektif sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA se-Kota Padang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar