Minggu, 20 Mei 2012

studi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (abstrak)


ABSTRAK

Seiring dengan kebutuhan akan metode dan konsep pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan. Salah satu produk teknologi informasi yang dapat dijadikan sumber belajar baru dalam pembelajaran, termasuk bagi siswa SMA adalah internet. Internet merupakan sumber informasi yang sangat kaya dengan berbagai macam materi, termasuk materi pembelajaran. internet juga memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai sumber belajar karena adanya kemampuan internet dalam menampilkan video, suara,  teks, dan gambar Oleh karena itu telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi siswa di SMA Negeri se-Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan populasi siswa kelas XI IPA di SMAN se-Kota Padang. Sampel diambil dari 6 SMA Negeri di Kota Padang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket terhadap 198 siswa kelas XI SMA Negeri se-Kota Padang. Data yang diperoleh dari penyebaran angket kemudian dikalkulasikan untuk memperoleh persentase untuk tiap indikator penelitian.
Dari hasil pengolahan data penelitian, tentang pemanfaatan internet sebagai salah satu alternatif  sumber belajar biologi bagi siswa diperoleh persentase keefektifan internet sebagai sumber belajar. Persentase siswa yang memperoleh materi biologi dari internet yang sesuai dengan kurikulum sebesar 68.9%. Dalam hal biaya, persentase siswa yang mampu membiayai pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berada pada tingkat 65.4%. Persentase siswa yang memiliki ketersediaan jaringan internet yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi adalah  sebesar 63.3%. Persentase siswa yang  mampu  memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi 69.3%. Persentase siswa yang memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi 67.9%. Persentase siswa yang menyatakan bahwa guru berperan dalam mendorong siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi adalah 70.3%. Rata-rata persentase jawaban responden ini termasuk dalam kategori efektif (61%-80%). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet efektif sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA se-Kota Padang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar