Minggu, 20 Mei 2012

studi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (pendahuluan)


Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan, maka penulis mengidentifikasi beberapa masalah, sebagai berikut:
1.      Belum diketahui berapa banyak siswa SMA Negeri se-Kota Padang memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi.
2.      Belum diketahui website di internet yang dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar biologi.
3.      Belum diketahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi.
Batasan Masalah
Untuk lebih terfokusnya penelitian ini, maka penulis memberi batasan masalah penelitian hanya dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa SMA Negeri se-Kota Padang.
Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Apakah pemanfaatan internet dapat menjadi salahsatu alternatif sumber belajar biologi yang efektif bagi siswa di SMA Negeri se-Kota Padang ?
Asumsi
Landasan berfikir dalam penelitian ini adalah :
1.      Internet dapat dijadikan sumber belajar
2.      Siswa memiliki kemampuan untuk memanfaatkan internet
3.      Materi biologi dapat diperoleh di internet
4.      Sekolah memiliki fasilitas internet yang dapat dimanfaatkan siswa.
Pertanyaan Penelitian
Pertanyaan dalam penelitan ini adalah:
1.      Berapa persen siswa yang menyatakan kesesuaian antara materi biologi yang diperoleh dari pemanfaatan internet dengan materi biologi dalam kurikulum?
2.      Berapa persen siswa yang mampu dalam membiayai pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi?
3.      Berapa persen siswa yang memiliki ketersediaan jaringan internet yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar biologi?
4.      Berapa persen siswa yang mampu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi?
5.      Berapa persen siswa yang memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi?
6.      Berapa persen siswa yang menyatakan bahwa guru biologi berperan dalam mendorong siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi?
7.      Bagaimana keefektifan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi?
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase siswa dan keefektifan dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi siswa di SMA Negeri se-Kota Padang.
Manfaat Penelitian
1.      Informasi ilmiah bagi guru dalam pemilihan sumber belajar.
2.      Informasi ilmiah bagi pihak terkait, seperti sekolah dan dinas pendidikan dalam upaya meningkatkan sarana prasarana pembelajaran di sekolah.
Definisi Operasional
1.      Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi merupakan kegiatan menggunakan internet, berupa browsing untuk memperoleh informasi, dan bahan yang mendukung untuk materi pelajaran biologi. Pemanfaatan internet yang dimaksud disini terkait dengan kesesuaian materi di internet dengan materi pembelajaran biologi di dalam kurikulum, keterjangkauan dalam pembiayaan, ketersediaan jaringan internet untuk pemanfaatan sumber belajar biologi, kemudahan memanfaatkan internet, dan keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan internet.
2.      Isi internet sebagai sumber belajar
Isi internet yang diamati sebagai sumber belajar siswa dari internet adalah materi biologi SMA kelas XI IPA semester 1 yang mencakup struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan, keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta struktur dan fungsi  organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar