Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang
dikemukakan, maka penulis mengidentifikasi beberapa masalah, sebagai berikut:
1.
Belum
diketahui berapa banyak siswa SMA Negeri se-Kota Padang memanfaatkan internet
sebagai sumber belajar biologi.
2.
Belum
diketahui website di internet yang dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar
biologi.
3.
Belum
diketahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat siswa dalam memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar biologi.
Batasan Masalah
Untuk lebih
terfokusnya penelitian ini, maka penulis memberi batasan masalah penelitian hanya dalam pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar bagi siswa SMA Negeri se-Kota Padang.
Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan
masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:
Apakah pemanfaatan internet dapat menjadi salahsatu alternatif sumber belajar
biologi yang efektif bagi siswa di SMA Negeri se-Kota Padang ?
Asumsi
Landasan berfikir dalam penelitian ini
adalah :
1.
Internet
dapat dijadikan sumber belajar
2.
Siswa
memiliki kemampuan untuk memanfaatkan internet
3.
Materi
biologi dapat diperoleh di internet
4.
Sekolah
memiliki fasilitas internet yang dapat dimanfaatkan siswa.
Pertanyaan Penelitian
Pertanyaan dalam
penelitan ini adalah:
1.
Berapa persen siswa yang menyatakan kesesuaian antara
materi biologi yang diperoleh dari pemanfaatan internet dengan materi biologi
dalam kurikulum?
2.
Berapa persen siswa yang mampu dalam membiayai
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi?
3.
Berapa persen siswa yang memiliki ketersediaan jaringan
internet yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar biologi?
4.
Berapa persen siswa yang mampu memanfaatkan internet
sebagai sumber belajar biologi?
5.
Berapa persen siswa yang memperoleh keuntungan dengan
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi?
6.
Berapa persen siswa yang menyatakan bahwa guru biologi
berperan dalam mendorong siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar biologi?
7.
Bagaimana keefektifan pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar biologi?
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase
siswa dan keefektifan dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi
siswa di SMA Negeri se-Kota Padang.
Manfaat
Penelitian
1.
Informasi
ilmiah bagi guru dalam pemilihan sumber belajar.
2.
Informasi
ilmiah bagi pihak terkait, seperti sekolah dan dinas pendidikan dalam upaya
meningkatkan sarana prasarana pembelajaran di sekolah.
Definisi Operasional
1.
Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
Pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar biologi merupakan kegiatan menggunakan
internet, berupa browsing untuk memperoleh informasi, dan
bahan yang mendukung untuk materi pelajaran biologi. Pemanfaatan internet yang
dimaksud disini terkait dengan kesesuaian materi di internet dengan materi
pembelajaran biologi di dalam kurikulum, keterjangkauan dalam pembiayaan,
ketersediaan jaringan internet untuk pemanfaatan sumber belajar biologi,
kemudahan memanfaatkan internet, dan keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan
internet.
2.
Isi internet sebagai sumber belajar
Isi
internet yang diamati sebagai sumber belajar siswa dari internet adalah materi
biologi SMA kelas XI IPA semester 1 yang mencakup struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan, keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan,
serta struktur dan fungsi organ manusia
dan hewan tertentu, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya
pada salingtemas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar