Minggu, 20 Mei 2012

pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (prosedur penelitian)


A.    Prosedur Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan langsung terhadap responden dengan memberikan angket tentang efektivitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi siswa di SMA Negeri se-Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap-tahap:
1.      Mengurus surat izin penelitian ke Dinas Pendidikan Kota Padang, sekaligus memperoleh data jumlah sekolah dan jumlah siswa biologi SMA Negeri se-Kota Padang
2.      Konfirmasi dengan kepala sekolah, tata usaha, wakil dan guru bidang studi Biologi yang mengajar di kelas sampel
3.      Pelaksanaan pengumpulan data dari siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kota Padang Tahun Pelajaran 2009/2010
4.      Analisis data dan penyimpulan hasil penelitian.
B.     Teknik Analisis Data
Data deskriptif yang diperoleh ditabulasi. Setiap angket yang diisi oleh siswa diolah berdasarkan skor yang telah ditentukan. Sesuai dengan skala Likert pernyataan Selalu (SL), Sering (SR), Jarang (JR), dan Jarang Sekali (JS), berturut-turut diberi nilai 4, 3, 2,1.
Pada setiap kolom dalam tabel menunjukkan letak nilai, maka setiap centangan pada kolom jawaban menunjukkan nilai tertentu. Maka analisis data dilakukan dengan mencermati banyaknya centangan dalam setiap kolom yang berbeda nilainya tersebut, lalu mengalikan dengan frekuensi pada masing-masing kolom dengan nilai kolom yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya disajikan dalam bentuk rumus nilai rata-rata.


Persamaan 4:

Keterangan:
            X = nilai rata-rata
            A= jumlah responden yang mencentang Selalu (SL)
            B= jumlah responden yang mencentang Sering (SR)
            C= jumlah responden yang mencentang Jarang (JR)
            D= jumlah responden yang mencentang Jarang Sekali (JS)
            (dimodifikasi dari Arikunto, 2006: 242)

Dari persamaan akan diperoleh nilai rata-rata untuk masing-masing item, untuk melihat bias atau tidaknya data yang diperoleh dilakukan penghitungan standar deviasi menggunakan rumus:
Persamaan 5:

 

Keterangan:       
SD          = Standar Deviasi
SS           = jarak setiap skor
N            = jumlah subjek

Persamaan 6:

   
Keterangan:
SS           = jarak setiap skor
       = jumlah kuadrat skor
    = jumlah skor dikuadratkan
N            = jumlah subjek
(Sukardi, 2008: 88)
Selanjutnya dihitung persentasenya. Menghitung persentase pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Biologi siswa SMA Negeri se-Kota Padang dengan menggunakan rumus persentase:

Persamaan 7:


Keterangan :
P             = persentase hasil yang di peroleh
n             = nilai yang di peroleh
N                        = jumlah seluruh nilai

Setelah didapatkan persentase diterjemahkan menurut kategori  yang digunakan,  yaitu :
a.             81 % - 100 %     = sangat efektif
b.            61 % - 80 %       = efektif
c.             41 % - 60 %       = cukup efektif
d.            21 % - 40 %       = kurang efektif
e.             0 - 20 %              = sangat kurang efektif
(Dimodifikasi dari Purwanto, 1994: 82).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar