A.
Prosedur Penelitian
Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan langsung terhadap responden dengan memberikan
angket tentang efektivitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar biologi
siswa di SMA Negeri se-Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan
tahap-tahap:
1. Mengurus
surat izin penelitian ke Dinas Pendidikan Kota Padang, sekaligus memperoleh
data jumlah sekolah dan jumlah siswa biologi SMA Negeri se-Kota Padang
2.
Konfirmasi
dengan kepala sekolah, tata usaha, wakil dan guru bidang studi Biologi yang
mengajar di kelas sampel
3.
Pelaksanaan
pengumpulan data dari siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kota Padang Tahun Pelajaran 2009/2010
4.
Analisis
data dan penyimpulan hasil penelitian.
B.
Teknik Analisis Data
Data deskriptif yang diperoleh ditabulasi.
Setiap angket yang diisi oleh siswa diolah berdasarkan skor yang telah
ditentukan. Sesuai dengan skala Likert pernyataan Selalu (SL), Sering (SR),
Jarang (JR), dan Jarang Sekali (JS), berturut-turut diberi nilai 4, 3, 2,1.
Pada setiap kolom
dalam tabel menunjukkan letak nilai, maka setiap centangan pada kolom jawaban
menunjukkan nilai tertentu. Maka analisis data dilakukan dengan mencermati
banyaknya centangan dalam setiap kolom yang berbeda nilainya tersebut, lalu
mengalikan dengan frekuensi pada masing-masing kolom dengan nilai kolom yang
bersangkutan. Untuk lebih jelasnya disajikan dalam bentuk rumus nilai
rata-rata.
Persamaan
4:
Keterangan:
X
= nilai rata-rata
A=
jumlah responden yang mencentang Selalu (SL)
B=
jumlah responden yang mencentang Sering (SR)
C=
jumlah responden yang mencentang Jarang (JR)
D=
jumlah responden yang mencentang Jarang Sekali (JS)
(dimodifikasi
dari Arikunto, 2006: 242)
Dari persamaan akan
diperoleh nilai rata-rata untuk masing-masing item, untuk melihat bias atau
tidaknya data yang diperoleh dilakukan penghitungan standar deviasi menggunakan
rumus:
Persamaan 5:
Keterangan:
SD = Standar Deviasi
SS = jarak setiap skor
N = jumlah subjek
Persamaan 6:
Keterangan:
SS = jarak setiap skor
= jumlah kuadrat skor
= jumlah skor dikuadratkan
N = jumlah subjek
(Sukardi, 2008: 88)
Selanjutnya dihitung
persentasenya. Menghitung persentase pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar Biologi siswa SMA Negeri se-Kota Padang dengan menggunakan rumus
persentase:
Persamaan 7:
Keterangan :
P = persentase hasil yang di peroleh
n = nilai yang di peroleh
N = jumlah seluruh nilai
Setelah
didapatkan persentase diterjemahkan menurut kategori yang digunakan, yaitu :
a.
81 %
- 100 % = sangat efektif
b.
61 %
- 80 % = efektif
c.
41 % - 60
% = cukup efektif
d.
21 % - 40 % =
kurang efektif
e.
0 - 20 % =
sangat kurang efektif
(Dimodifikasi
dari Purwanto, 1994: 82).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar