BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
hasil pengolahan data penelitian, tentang pemanfaatan internet sebagai salah
satu alternatif sumber belajar biologi
bagi siswa diperoleh persentase keefektifan internet sebagai sumber belajar.
Persentase siswa yang memperoleh materi biologi dari internet yang sesuai
dengan kurikulum sebesar 68.9%. Dalam hal biaya, persentase siswa yang mampu
membiayai pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berada pada tingkat
65.4%. persentase siswa yang memperoleh akses internet sebesar 63.3%. Kemudahan
dalam memanfaatkan internet pada persentase 69.3%. persentase siswa yang
memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
biologi dan 67.9%. Persentase jawaban responden ini termasuk dalam kategori
efektif (61%-80%). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet efektif
sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA se-Kota Padang.
B. Saran
Sehubungan
dengan hasil penelitian yang diperoleh, maka penulis menyarankan:
1. Kepada kepala sekolah dan guru agar lebih menyosialisasikan
pemanfaatan internet, baik berupa penyediaan sarana, pengelolaan, dan pelatihan
dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar bagi siswa.
2. Berhubung penelitian ini hanya dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA
SMA Negeri di Kota Padang, maka masih terbuka kemungkinan untuk peneliti
selanjutnya untuk meneliti siswa di daerah lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar