Minggu, 20 Mei 2012

pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (penutup)


BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil pengolahan data penelitian, tentang pemanfaatan internet sebagai salah satu alternatif  sumber belajar biologi bagi siswa diperoleh persentase keefektifan internet sebagai sumber belajar. Persentase siswa yang memperoleh materi biologi dari internet yang sesuai dengan kurikulum sebesar 68.9%. Dalam hal biaya, persentase siswa yang mampu membiayai pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berada pada tingkat 65.4%. persentase siswa yang memperoleh akses internet sebesar 63.3%. Kemudahan dalam memanfaatkan internet pada persentase 69.3%. persentase siswa yang memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar biologi dan 67.9%. Persentase jawaban responden ini termasuk dalam kategori efektif (61%-80%). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet efektif sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA se-Kota Padang.
B. Saran
Sehubungan dengan hasil penelitian yang diperoleh, maka penulis menyarankan:
1. Kepada kepala sekolah dan guru agar lebih menyosialisasikan pemanfaatan internet, baik berupa penyediaan sarana, pengelolaan, dan pelatihan dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar bagi siswa.
2. Berhubung penelitian ini hanya dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Padang, maka masih terbuka kemungkinan untuk peneliti selanjutnya untuk meneliti siswa di daerah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar